Pengertian Hijab, Jilbab, Kerudung, dan Khimar

Pengertian Hijab, Jilbab, Kerudung, dan Khimar

Pengertian Hijab, Jilbab, Kerudung, dan Khimar – Seiring dengan pembahasan kewajiban wanita untuk berhijab, kita sering keliru mengartikan apa itu hijab dan apa perbedaannya dengan jilbab, kerudung, dan khimar hingga seringkali kita gagal paham dalam memaknainya.  Terutama untuk mereka yang sedang belajar berhijab dan ingin mengetahui perbedaannya. Maka dari itu mari kita bahas perbedaanya disini.

Pengertian Hijab

Hijab berasal dari bahasa Arab yaitu “penghalang”. Di negara barat diartikan bahwa hijab adalah kerudung yang digunakan oleh wanita muslimah. Menurut Islam sendiri hijab adalah tata cara berpakaian yang pantas dan sesuai dengan tuntutan agama. Hijab juga bisa diartikan sebagai pembatas/pembeda antara mukmin laki-laki dengan mukmin perempuan. Seperti yang kita tahu bahwa batas aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, berbeda dengan laki-laki yang aurat nya dari bagian pusar hingga lutut. Lihat koleksi model hijab terbaru tahun ini.

Pengertian Hijab: Jilbab

Sedangkan jilbab adalah pakaian terusan panjang yang menutupi seluruh bagian tubuh kecuali muka, telapak tangan, dan kaki. jilbab tidak boleh transparan dan membentuk lekukan tubuh. Di negara-negara berpenduduk muslim istilah jilbab digunakan untuk jenis pakaian dengan berbagai sebutan. Di indonesia sendiri jilbab diartikan sebagai busana kerudung yang menutupi sebagian kepala sampai dada yang dirangkai dengan baju yang menutupi semua bagian tubuh kecuali kaki dan telapak tangan. Sesuai dengan tuntunan Islam jilbab merupakan jenis pakaian yang digunakan untuk menutupi aurat. Semua jilbab adalah hijab tetapi tidak semua hijab adalah jilbab. Sedangkan hijab adalah pembatas atau aling-aling yang menutupi aurat.

Pengertian Hijab: Kerudung

Sementara kerudung adalah kain penutup kepala. kerudung tidak selalu dikaitkan dengan agama. Kerudung bisa saja digunakan untuk fashion, untuk menghangatkan, menutupi kebotakan, dan lain sebagainya. Tidak hanya di agama Islam, di agama lain kerudung juga  dijadikan sebagai identitasnya. Contohnya perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah, mereka diwajibkan perempuan yang sudah menikah untuk menutupi rambutnya dengan kerudung yang disebut tiche atau snood. Atau juga pada perempuan Kristen Katolik atau kita kenal sebagai biarawati. Mereka menggunakan kerudung untuk menutupi rambut serta kepalanya saat pergi ke gereja. Sedangkan pada perempuan muslim, kerudung sering dijelaskan dengan kata hijab sebagai tuntutan untuk pakaian yang sopan.

Pengertian Hijab: Khimar

Sedangkan Khimar berasal dari bahasa Arab yaitu “khumur” yang berarti kerudung. Khimar digunakan untuk menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada dari depan dan belakang sampai ke tulang selangka. Bentuk khimar harus menjulur lurus kebawah agar tidak terlihat lekuk dada wanita. Khimar seringkali disebut dengan kerudung, tapi sebenarnya dua hal ini berbeda. Bila kerudung hanya menutupi sebagian kepala dan leher, maka khimar dapat menutupi kepala, leher hingga dada tanpa menghalangi muka.

Itulah perbedaan dan Pengertian Hijab, Jilbab, Kerudung, dan Khimar. kita sebagai wanita muslimah begitu diwajibkan untuk menggunakan jilbab. Semoga hidayah selalu datang kepada kita agar kita terhindar dari segala keburukan. Dan  semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Amiinn.

Related Posts

Jam Kerja

  • Senin-Jumat 9:00 - 17:00
  • Sabtu 9:00 - 15:00
  • Minggu Libur
  • Tanggal Merah Libur

Hubungi Kami